Beranda | Artikel
Hendaklah Berdoa Meminta Surga dan Rida Allah Setiap Kali Talbiyah Ketika Haji dan Umrah
Jumat, 23 Juni 2023

Ada anjuran berdoa meminta surga, rida Allah, dijauhkan dari neraka pada setiap kali bertalbiyah saat berihram ketika haji dan ihram.

 

 

 

Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani

 

كِتَابُ اَلْحَجِّ

Kitab Haji

بَابُ صِفَةِ اَلْحَجِّ وَدُخُولِ مَكَّةَ

Bab Sifat Haji dan Masuk Makkah

 

 

Doa Setelah Talbiyah

Hadits #743

وَعَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ ( { أَنَّ اَلنَّبِيَّ ( كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ تَلْبِيَتِهِ فِي حَجٍّ أَوْ عُمْرَةٍ سَأَلَ اَللَّهَ رِضْوَانَهُ وَالْجَنَّةَ وَاسْتَعَاذَ بِرَحْمَتِهِ مِنَ اَلنَّارِ } رَوَاهُ اَلشَّافِعِيُّ بِإِسْنَادٍ ضَعِيفٍ

Dari Khuzaimah bin Tsabit, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah selesai dari talbiyahnya dalam haji atau umrah, beliau memohon kepada Allah akan rida-Nya dan surga, dan berlindung dengan rahmat Allah dari api neraka. (Diriwayatkan oleh Imam Syafii dengan sanad yang dhaif) [HR. Imam Syafii dalam musnadnya, 1:322-323. Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan dalam Minhah Al-‘Allam, 5:276 menyatakan bahwa sanad hadits dhaif].

 

Faedah hadits

  • Mengenai keutamaan berdoa meminta kepada Allah rida dan surga-Nya, serta berlindung dengan rahmat Allah dari neraka berasal dari hadits yang dhaif.
  • Siapa yang mengambil dari keumuman bahwa doa dari orang yang mengucapkan talbiyah suatu yang disyariatkan. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melarang orang yang bertalbiyah untuk berdoa. Orang yang berihram adalah orang yang sedang bertalbiyah, ia boleh saja berdoa, berdzikir, dan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hendaklah ia menyebutkan waktunya dengan kebaikan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menyibukkan setiap waktunya untuk berdzikir kepada Allah.
  • Syaikh Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily menyatakan bahwa disunnahkan berdoa setelah selesai dari setiap talbiyah saat berihram pada waktu kapan pun.
  • Doa yang dianjurkan adalah doa dengan lafaz meminta surga dan rida Allah, serta meminta perlindungan kepada Allah dari neraka.

 

Baca juga:

 

Referensi:

  • Minhah Al-‘Allam fi Syarh Bulugh Al-Maram. Cetakan pertama, Tahun 1432 H. Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al-Fauzan. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. Jilid Ketiga. 5:275-276.
  • Fiqh Bulugh Al-Maram li Bayaan Al-Ahkaam Asy-Syar’iyyah. Cetakan pertama, Tahun 1443 H. Syaikh Prof. Dr. Muhammad Musthafa Az-Zuhaily. Penerbit Maktabah Daar Al-Bayan. 2:640.

 

 

Diselesaikan di Hotel Maya Palace Makkah Al-Mukarramah, 5 Dzulhijjah 1444 H, 23 Juni 2023

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com


Artikel asli: https://rumaysho.com/37024-hendaklah-berdoa-meminta-surga-dan-rida-allah-setiap-kali-talbiyah-ketika-haji-dan-umrah.html